Fans Heavy Metal Paling Loyal

Minggu, 07 Juni 2015 - 08:23 WIB
Fans Heavy Metal Paling...
Fans Heavy Metal Paling Loyal
A A A
PENGGEMAR musik heavy metal dinilai sebagai penggemar paling loyal oleh Spotify. Apa yang menyebabkan mereka berhasil mendapatkan pengakuan tersebut?

Ferinal Salim, warga Kelapa Gading, Jakarta Utara, tidak pernah lupa dengan pengalamannya di Singapura pada tahun 2012.

Dulu dia bersama dua rekannya bersama-sama mendatangi kawasan Fort Canning, Singapura. “Waktu itu saya nonton Judas Priest di Singapura. Bisa dibilang ini pengalaman menonton konser yang sangat istimewa buat saya,” kenangnya. Ya, Ferinal memang sudah lama jadi penggemar Judas Priest. Dia yang lahir pada tahun 1980 sewaktu remaja sangat menggemari lagu-lagu Judas Priest.

Karenanya, begitu mendengar Judas Priest main di Singapura, dia mengajak dua rekannya untuk samasama ke negeri jiran tersebut. “Kalau enggak salah Presiden Jokowi juga datang ke konser tersebut,” tuturnya. Kegemaran Ferinal pada Judas Priest tidak hanya berhenti di konser. Dia juga mengoleksi semua album Judas Priest. Terkadang, meski sudah memiliki keluarga, dia masih percaya diri mengenakan kaus-kaus bergambar Judas Priest. “Grup musik lain juga dengar sih. Yang penting heavy metal,” ujarnya malu-malu.

Kesetiaan pada musik metal juga dilakukan Ilham, rekan Ferinal. Bahkan, dia berusaha keras untuk bisa nonton konser dan festival musik metal di beberapa negara. Ilham pernah menonton Black Sabbath di Graspop Metal Meeting di Belgia pada tahun lalu. “Kalau dilihat sekarang festival musik metal itu tidak hanya ada di negara-negara maju. Di beberapa negara seperti di kawasan Timur Tengah kayak Dubai, ada festival musik metal,” katanya.

Bisa dibayangkan bagaimana pengorbanan Ilham dan Ferinal dalam menyalurkan hobi mereka tersebut. Sejauh apa pun jika memang suka, pasti akan dikerjakan. Apalagi sekadar mendengarkan lagu-lagu metal yang ada di internet. Inilah yang ditangkap Spotifyketika merilis daftar musik yang memiliki penggemar paling loyal. Dalam daftar tersebut, penggemar musik heavy metal berada di nomor urut satu dalam tingkat keloyalan.

Selanjutnya penggemar musik pop berada di nomor urut dua dan pencinta musik folk dan country ada di urutan ketiga. Spotifymenentukan tingkatan tersebut berdasarkan kalkulasi seberapa sering orang mendengarkan kembali berbagai genre musik yang ada di Spotify. Agar mendapatkan perhitungan yang jelas, mereka memilah pendengar mereka berdasarkan lokasi. Setelah itu, setiap genre dan grup musik juga ikut dibedakan.

Setelah pembagian dilakukan, mereka pun menghitung jumlah pendengar mereka yang masuk ke Spotify. Setelah itu mereka mengawasi jumlah pendengar dalam satu lagu dan melihat berapa kali lagu tersebut diulang oleh pendengar yang sama. Dari situlah diketahui, penggemar musik heavy metal adalah orang yang paling sering memutar ulang lagu-lagu grup musik heavy metal.

Michael Friedman, dalam penelitiannya yang diterbitkan di Psychology Today,mengatakan, loyalitas penggemar musik metal bukan tanpa alasan. ”Mereka menjadikan musik metal sebagai sumber inspirasi dan dukungan,” sebutnya. Biff Byford, penyanyi legendaris heavy metal SAXON, mengatakan kepada Independent.co.ukbahwa heavy metal merupakan musik turuntemurun dan semua orang adalah dari keturunan tersebut.

“Ini tidak seperti musik pop, di mana jika lagu berikutnya tidak cukup bagus, kemudian mereka segera melupakannya,” kata Biff Byford. Ini mungkin salah satu alasan mengapa musisi dan penggemar begitu berdedikasi. Para penggemar band pop mungkin datang dan pergi, tapi penggemar musik heavy metal memilih untuk setia.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)